AMANDEMEN PERJANJIAN DAGANG HINGGA PENERBANGAN DENGAN SELANDIA BARU

Kerja sama Indonesia dengan Selandia Baru memulai perjanjian perdagangan bebas ASEAN, Australia, dan Selandia Baru (ASEAN, Australia, New Zealand Free Trade Agreement/AANZFTA) ditingkatkan. Bahkan, kedua negara sepakat akan mengamandemen perjanjian tersebut.

Menteri perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan peningkatan AANZFTA bertujuan memfasilitasi dan memberi manfaat ekspor-impor, kerja sama penanganan penyakit mulut dan kuku, pengembangan langsung Bali-Aucklan."Ditanda tanganinya protokol ke dua untuk mengamandemen AANZFTA pun jadi salah satu capaian prioritas ekonomi Indonesia selaku ketua ASEAN 2023",ujarnya. 

Zulkifli Bersama Menteri perdagangan dan pengembangan ekspor Selandia baru Damien O'connor juga membicarakan kerjasama Indo-Pacific Economic Framework (IPEF). Dalam pertemuan itu, Indonesia mendukung kawasan Indo Pasifik yang bebas, adil, terbuka, dan saling Berhubung untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

"Kami juga minta dukungan Selandia Baru terkait mekanisme pendanaan unit pendukung untuk perjanjian ekonomi komprevensif regional (RCEP) ,"tuturnya. Total perdagangan tercatat USD 453,8 juta dengan nilai ekspor total perdagangan tercatat USD 453,8 juta dengan nilai eks. 

Pada 2022 total perdagangan Indonesia dan Selandia Baru mencapai USD 2,1 miliar. Ekspor Indonesia tercatat USD 731,9 juta dan impor Indonesia USD 1,4 miliar.

Ilustrasi_saat ini Indonesia menjalin kerjasama diantara negara Asean guna memperbaiki ekonomi negara

Sementara itu, pada Januari-Maret 2023, total perdagangan mencatat USD 453,8 juta dengan nilai ekspor Indonesia USD 166,4 juta dan impornya USD 287,4 juta. Adapun komoditas ekspor utama RI, antara lain, Bukit minyak nabati, batubara, aparatus untuk TV kayu, serta kertas toilet, dan tisu. Sedangkan komoditas impor utama adalah susu dan krim, mentega, keju dan susu, serta tepung.

Tidak ada komentar untuk "AMANDEMEN PERJANJIAN DAGANG HINGGA PENERBANGAN DENGAN SELANDIA BARU"