PRODUSEN PANEL SURYA BANGUN PABRIK DI BATAM

Indonesia masih menjadi magnet bagi investor global. Xinyi Group, salah satu perusahaan terkemuka dalam industri kaca dan panel surya, bakal mendirikan fasilitas pabrik di Batam. Hal itu diungkapkan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia disela mengunjungi Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dalam rangka menemui investor potensial. 

Lokasi pertama yang dikunjungi Bahlil adalah fasilitas produksi Xinyi Group di Kota Wuhu, Tiongkok. Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut atas rencana investasi Xinyi Group di Kawasan Rempang Eco-City yang terletak di Batam, Kepulauan Riau. "Saya lihat Xinyi adalah salah satu pemain yang terbesar di dunia yang insyaAllah akan melakukan investasi di Indonesia di Rempang,"ujarnya.

Ilustrasi_Indonesia kini terus berbenah dalam pengembangan energi bersih berbasis energi baru, salah satunya yakni pembangkit tenaga surya

Selain memperlihatkan dukungan terhadap perusahaan-perusahaan asing yang ingin mengembangkan bisnisnya di Indonesia, Bahlil menyebutkan bahwa kunjungan itu mencerminkan komitmen pemerintah mendorong hilirisasi dalam berbagai sektor industri. "Selama ini kan kita telah : melakukan hilirisasi nikel. Kita mempunyai komoditas pasir kuarsa silika yang selama ini kita ekspor raw material. Dengan membangun ekosistem pabrik kaca dan solar panel, ini merupakan bagian dari hilirisasi di sektor pasir kuarsa,”paparnya.

Sementara itu, CEO Xinyi Group Gerry Tung menyampaikan apresiasi kepada pemerintah atas kemudahan dalam penanaman modal di Indonesia. Meningkatnya iklim investasi dan potensi ekonomi RI merupakan salah satu faktor yang mendorong pihaknya memutuskan menambah investasi di tanah air. 

"Kita selama beberapa tahun ini sudah memperhatikan bahwa investasi di Indonesia sangat bagus. Telah banyak perubahan. Kita sudah berinvestasi di Gresik. Sekarang karena melihat perkembangan sangat bagus, kita tertarik untuk berkembang ke industri yang baru, termasuk yang di Batam ini,”tutur Gerry. 

Xinyi Group yang merupakan perusahaan dari Xinyi Glass dan Xinyi Solar adalah perusahaan multinasional yang berbasis di Hongkong. Perusahaan itu adalah salah satu produsen kaca terbesar, dengan berbagai produk kaca yang digunakan dalam sektor otomotif, konstruksi, dan energi. Selain itu, Xinyi Group merupakan pemimpin dalam pembuatan solar panel, memanfaatkan teknologi canggih dan berkelanjutan untuk mendukung transisi global ke energi terbarukan. 

Selama periode 2018 sampai kuartal satu 2023, Tiongkok menempati peringkat asal penanaman modal asing (PMA) kedua terbesar dengan total capaian USD 24,55 miliar. Investasi tersebut tersebar di lima besar wilayah di Indonesia. Yaitu, Sulawesi Tengah (USD 6,88 miliar): Jawa Barat (USD 5,21 miliar): Maluku Utara (USD 3,83 miliar): DKI Jakarta (USD 1,74 miliar) dan Banten (USD 1,45 miliar). 



Tidak ada komentar untuk "PRODUSEN PANEL SURYA BANGUN PABRIK DI BATAM"