TAMBAH DUA LOKASI RUMAH ANAK PRESTASI

Anak-anak penyandang disabilitas mendapatkan fasilitas di Rumah Anak Prestasi (RAP) Nginden Semolo untuk mengembangkan kemampuan mereka. Pemkot berencana menambah dua lagi RAP di Tanah Kali Kedinding dan Sonokwijenan agar makin banyak anak disabilitas yang bisa dibantu. 

Selama ini RAP di Jalan Nginden Semolo menjadi rujukan anak-anak disabilitas untuk belajar dan mencurahkan kreativitas. Total ada 15 kegiatan belajar. Di antaranya, belajar membatik, melukis, musik, menjahit, membuat kerajinan, menyablon, modeling, bending tripleks, dongeng bahasa isyarat, mengaji braille, akupuntur, fisioterapi, refleksi, konseling umum, dan konseling spesialis anak.
 
Ilustrasi_Para disabilitas juga mempunyai bakat yang harus digali dan dikembangkan

Semua disediakan gratis untuk anak-anak berkebutuhan khusus Surabaya, bangunan yang menempati bekas sekolah dasar itu pun ramii setiap Senin hingga Sabtu. Tidak sedikit kecamatan yang menyediakan kendaraan operasional mereka untuk mengantar anak-anak disabilitas dari wilayah masing-masing guna belajar disana.

Melihat hal itu, Wali Kota Surabaya Fri Cahyadi ingin jangkauan fasilitas tersebut diperluas lagi. "Tim juri kota layak anak menyebut RAP itu satu-satunya rumah yang memberikan ruang bagi anak disabilitas mengembangkan kemampuannya. Mereka adalah anak-anak yang memiliki kelebihan,"katanya. 

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya Anna Fajriatin mengatakan, sudah ada dua tempat di Tanah Kali Kedinding dan Sonokwijenan yang akan dimanfaatkan untuk RAP. "Untuk Surabaya Selatan nanti gabung dengan di Nginden. Sebab, lokasinya masih dekat. Targetnya Agustus nanti bisa beroperasi,"paparnya. 

Dia berharap penambahan fasilitas itu bisa memberikan fasilitas pelayanan bagi penyandang disabilitas yang lebih banyak lagi. "Dengan penambahan ini, harapannya antusiasmenyalebih besarlagi,"ujarnya. 

Anna mengatakan, di RAP anak-anak tidak hanya berkarya. Tetapi, mereka juga diajak berwirausaha. Misalnya, sablon atau handicraft, banyak karya yang sudah dihasilkan. "Bahkan, hasil kreasi mereka laku dipasarkan. Saat ada tamu datang ke sana, pasti laku. Hasilnya pun luar biasa,"kata /Anna.

Tidak ada komentar untuk "TAMBAH DUA LOKASI RUMAH ANAK PRESTASI"